MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGENALAN KONSEP WAKTU USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN UM JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018

Rohmanniah Nur, Elmy Zuhairoh (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENGENALAN KONSEP WAKTU USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI SEKOLAH LABORATORIUM PAUD YASMIN UM JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
10. Daftar Rujukan.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
a. Matrik.pdf

Download (245kB)

Abstract

Kata Kunci : Kreativitas, pengenalan konsep waktu Kreativitas adalah salah satu potensi yang dimiliki setiap anak, meskipun kadar kreativitas seorang anak berbeda-beda. Kreativitas bermula dari pemikiranpemikiran yang nantinya dapat menjadi sesuatu yang dapat dilihat, dirasa, didengar, dicium atau dilihat. Pengenalan konsep waktu pada anak usia dini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak. untuk mengenalkan konsep waktu pada anak, anak harus memiliki kemampuan awal yakni membilang dan menjumlah. Pada anak kelompok B Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin UM Jember, anak telah mampu membilang dan menjumlah sampai 20. Namun anak kelompok B masih belum mengenal waktu secara mendalam sehingga anak masih belum mampu merekayasa waktu untuk aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Kriteria kesuksesan pada penelitian ini adalah 90% dari 17 anak yang muncul potensi kreatifnya. Pada pra siklus kemampuan anak tentang konsep waktu masih sangatlah minim. Setelah diadakan siklus I, kreativitas anak mulai muncul namun belum merata. Maka peneliti melanjutkan sampai siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil prosentase kemunculan kreativitas anak 86%. Berdasarkan hasil siklus II yang masih belum mencapai kriteria kesuksesan, maka peneliti menambahkan satu siklus tambahan. Pada akhir siklus III, kemampuan kreativitas anak mulai merata hingga mencapai 95 %. Berdasarkan hasil dari penelitian, maka dapat diketahui bahwa pengenalan konsep waktu dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun kelompok B di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin UM Jember Tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:19
Last Modified: 15 Jan 2021 02:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item View Item