Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 TempurejoTahun Ajaran 2017/1018

Rofiah, Siti (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 TempurejoTahun Ajaran 2017/1018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (376kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa? (4) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa? Jenis penelitian ini digunakan dalam penelitian ini Non-Eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada 26 Mei 2018 hingga 08 Juni 2018 di kelas VIII SMP PGRI 2 Tempurejo. Lokasi penelitian yaitu di Jl. PB. Sudirman No. 133, Sidodadi, Tempurejo Kabupaten Jember. Peneliti menggunakan satu teknik pengumpulan data yaitu tes. Instrument yang digunakan adalah soal tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis dan dapat diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,025, dan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis adalah 81.5% . Sedangkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar dan dapat diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,025, dan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar adalah 89.4%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa. Sedangkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan berpikir kritis adalah 81.5% dan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar adalah 89.4%. Kata Kunci: Scramble,kemampuan berpikir kritis.hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:29
Last Modified: 15 Jan 2021 02:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item