Rahayu, Sulik (2018) Pengembangan Online Uji Coba System Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Untuk Siswa Menggunakan Aplikasi Hot Potatoes Dan Bantuan Moodle. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (120kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (526kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan tes tertulis yang sering dilakukan oleh guru disekolah dinilai tidak efektif jika dilihat dari segi waktu. Kurangnya pemahaman tentang teknologi membuat guru tetap memakai tes secara tertulis. Meskipun pada saat tes tertulis masih ada siswa yang saling contek saat tes berlangsung. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan Online Uji Coba System sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk siswa menggunakan aplikasi Hot Potatoes dengan bantuan Moodle? (2) Apakah produk Online Uji Coba System sebagai alat evaluasi pembelajaran untuk siswa menggunakan aplikasi Hot Potatoes dengan bantuan Moodle layak untuk digunakan? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum oleh peneliti, yaitu untuk mengetahui proses pengembangan Online Uji Coba System sebagai alat evaluasi pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan produk Online Uji Coba System. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pelaksanaan peneitian yaitu pada 24 Juli 2018 hingga 26 Juli 2018 di kelas XI A SMK HIdayatul Mubtadiin. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, observasi, tes, dan kuesioner. Instrument yang digunakan adalah lembar kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh produk Online Uji Coba System layak untuk digunakan. Dimana pada validasi data ahli media memperoleh skor 75% pada aspek umum, 80% pada aspek rekayasa perangkat lunak, dan 63% untuk aspek komunikasi visul. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 80% untuk aspek umum, dan 70% untuk aspek substansi materi. Validasi oleh guru mata pelajaran skor 75% untuk aspek umum, 70% untuk aspek substansi materi, 71% untuk aspek rekayasa perangkat lumak, 73% aspek komunikasi visual. Dan validasi oleh siswa keseluruhan memperoleh skor 74% untuk aspek umum, dan 76% untuk aspek komunikasi visual. Kesimpulan Penelitian ini adalah Pengembangan Online Uji Coba System terbukti layak untuk digunakan sebagai media pelaksanaan proses belajar mengajar saat evaluasi pembelajaran. Kata Kunci ; Hot Potates, Online Uji Coba System, Alat Evaluasi Pembelajaran, Moodle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 02:36 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 02:36 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7861 |
Actions (login required)
View Item |