PENINGKATAN KETRAMPILAN BERHITUNG MELALUI MEDIA CONGKLAK KELOMPOK B DI TK PEMBANGUNAN VIII JATIROTO TAHUN AJARAN 2017/2018

Sulistyas, Larasati (2018) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERHITUNG MELALUI MEDIA CONGKLAK KELOMPOK B DI TK PEMBANGUNAN VIII JATIROTO TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (391kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
bab 1 bu diyah.pdf

Download (310kB)
[img] Text
bab 2 bu diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 3 print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
bab 4 bu diah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB 5 print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB 6 print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
lampiran 1 matrik laras.pdf

Download (178kB)

Abstract

Kata Kunci :Keterampilan Berhitung Media Congklak. Keterampilan berhitung adalah pengembangan konsep bilangan yang terkait dengan perolehan. Konsep bilangan melibatkan pemahaman menghitung angka satu dan seterusnya. Penghitungan mencakup dua jenis yaitu penghitungan hafalan keterampilan dan penghitungan rasional. Penghitungan hafalan merupakan penggambaran dari nama-nama angka dalam urutan. Sedangkan penghitungan rasional adalah melampirkan nama-nama nomoruntuk item dalam kelompok untuk mengetahui jumlah total item dalam grup.Charlesworth dan Lind (1990:103) Media congklak digunakan untuk peningkatan berhitung pada anak kelompok B di TK Pembangunan VIII Jatiroto. Media congklak terbuat dari kertas lipat origami berbentuk kotak dan berentuk bulat yang terbat dari busa hati, permainan ini menggunakan biji warna warni danbiji yang berbentuk bulan, matahari dan bintang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tahapan refleksi untuk mengetahui hasil rata-rata dari kriteria kesuksesan yang mencapai 70% atau lebih. Pada awal studi pendahuluan kemampuan anak dalam berhitung terdapat 7 anak atau 40% yang mampu, pada siklus 1 cukup meningkat namun belum mencapai kriteria kesuksesan yaitu 9 anak atau 56% dan pada siklus ke 2 sudah meningkat melebihi hasil rata-rata kriteria kesuksesan yaitu terdapat 13 anak atau 81,25%. Hal ini diketahui bahwa dengan menggunakan media congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Pembangunan VIII Jatiroto.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDLaksmi Wardhani, Wahju Dyahnidn#
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:36
Last Modified: 15 Jan 2021 02:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7862

Actions (login required)

View Item View Item