Maulandari, Siti (2018) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HIKMAH II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (523kB) |
|
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (287kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB I PDF.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
BAB III PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
BAB V PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
MATRIK.pdf Download (289kB) |
Abstract
Kata Kunci: kedisiplinan, metode pembiasaan Kedisiplinan adalah suatu aturan dan tata tertib yang digunakan dalam menjalan sebuah ketetapan yang berlaku di TK maupun di rumah. metode pembiasaan adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara terus secara berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari, agar supaya kegiatan yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan menjadi suatu kebiasaan dengan sendirinya tanpa diperintah. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode pembiasaan pada anak kelompok B Tk AlHikmah II Tahun pelajaran 2017-2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode pembiasaan pada anak kelompok B Tk AlHikmah II Sumbersari Jember Tahun pelajaran 2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada 14 anak dengan jumlah anak perempuan 8 dan jumlah anak laki-laki 6 pada TK ALHIKMAH II Sumbersari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana meningkatkan kedisiplinan melalui metode pembiasaan pada TK AL-HIKMAH II Sumbersari tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembiasaan dapat meningkatkan kedisiplinan anak, hal ini terbukti pada prasiklus 29% pada siklus I sebesar 57,14% sedangkan pada siklus II sebesar 93%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui metode pembiasaan dapat meningkatkan kedisiplinan anak pada TK AL-HIKMAH II Sumbersari, tahun pelajaran 2017-2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:11 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:11 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7871 |
Actions (login required)
View Item |