MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HIKMAH II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Maulandari, Siti (2018) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HIKMAH II SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB I PDF.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB II PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB III PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB V PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
![]() |
Text
MATRIK.pdf Download (289kB) |
Abstract
Kata Kunci: kedisiplinan, metode pembiasaan
Kedisiplinan adalah suatu aturan dan tata tertib yang digunakan dalam
menjalan sebuah ketetapan yang berlaku di TK maupun di rumah. metode
pembiasaan adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara terus secara
berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari, agar supaya kegiatan yang dilakukan
secara teratur dan berkesinambungan menjadi suatu kebiasaan dengan sendirinya
tanpa diperintah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan
kedisiplinan anak melalui metode pembiasaan pada anak kelompok B Tk AlHikmah
II
Tahun
pelajaran
2017-2018.
Tujuan
dari
penelitian
ini
adalah
untuk
mengetahui
cara
meningkatkan
kedisiplinan
anak
melalui
metode
pembiasaan
pada
anak
kelompok
B
Tk
AlHikmah
II
Sumbersari
Jember
Tahun
pelajaran
2017-2018.
Metode
penelitian
ini
menggunakan
penelitian
tindakan
kelas
yang
dilakukan
dalam
dua
siklus
yang
masing-masing
siklusnya
berupa
perencanaan,
pelaksanaan,
observasi,
refleksi.
Penelitian
tindakan
kelas
ini
dilakukan
pada
14
anak
dengan
jumlah
anak
perempuan
8 dan
jumlah
anak
laki-laki
6 pada
TK
ALHIKMAH
II
Sumbersari.
Tujuan
dari
penelitian
ini
adalah
mengetahui
bagaimana
meningkatkan
kedisiplinan
melalui
metode
pembiasaan
pada
TK AL-HIKMAH
II
Sumbersari
tahun
pelajaran
2017-2018.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa
dengan
metode
pembiasaan
dapat
meningkatkan
kedisiplinan
anak,
hal
ini
terbukti
pada
prasiklus
29% pada
siklus
I
sebesar
57,14%
sedangkan
pada
siklus
II
sebesar
93%.
Hal
ini
menunjukkan
adanya
peningkatan
dari
siklus
I
ke
siklus
II.
Hasil
penelitian
tersebut
menunjukkan
bahwa
melalui
metode
pembiasaan
dapat
meningkatkan
kedisiplinan
anak
pada
TK
AL-HIKMAH
II
Sumbersari,
tahun
pelajaran
2017-2018.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDJatmikowati, Tri Endangnidn0029125901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:11 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |