Ananda, Welli (2016) Evaluasi Karakteristik Angkutan Barang Beserta Perencanaan Jalur Bongkar Muatnya (Studi Kasus di Stasiun Banyuwangi Baru). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
AKTIKEL.pdf - Published Version Download (875kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (84kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
Abstract
Dengan semakin banyaknya manusia dengan berbagai kebutuhan untuk menggunakan moda transportasi diperlukan kesinambungan antar moda untuk menunjang tercapainya kebutuhan tersebut. Dalam berberapa tahun ini, angkutan multimoda memiliki peranan yang besar dalam sistem transportasi. Peran angkutan multimoda berkembang sangat cepat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang ada pada suatu daerah yang mengakibatkan pertumbuhan permintaan barang-barang konsumsi masyarakat. Penggunaan angkutan kereta api sebagai moda angkutan jarak jauh, akanlebih efisien dengan jumlah kuantitas yang lebih besar dalam satu kali perjalanan. Sebagai bagian dari angkutan multimoda selanjutnya barang yang diterima akan dipindahkan dengan moda transportasi yang lebih kecil berupa truk. Tidak adanya jalur bongkar muat di Emplasemen Stasiun Banyuwangi Baru mengakibatkan kinerja dan prasarana kereta barang belum mencapai kondisi optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei langsung di Stasiun Banyuwangi Baru untuk memperoleh data primer, dan interview Kepala Stasiun untuk memperoleh data sekunder. Selanjutnya data yang didapat akan diolah dan dianalisis untuk mengetahui jenis dan pola angkutan barang, fasilitas parkir kendaraan, waktu tunggu terminal, ruang bebas dan ruang bangun, perencanaan jalur bongkar muat. Dari analisa yang telah dilakukan diperoleh Jenis angkutan barang yang ada di Stasiun Banyuwangi Baru adalah semen, pelayanan angkutan semen/ hari mencapai 120 ton/ hari.Jenis moda angkutan barang yang ada di Stasiun Banyuwangi Baru adalah kereta api sebagai moda utama. Sedangkan moda penunjang adalah truk tronton Hino. Pola pergerakan barang, semen dikirim dari sidotopo ke Stasiun Banyuwangi Baru menggunakan kereta api, selanjutnya semen dipindah ke truk tronton Hino dengan menggunakan forklift. Untuk ruang parkir membutuhkan lahan seluas 6000 m2 lahan dapat dimanfaatkan sebagai off street parking (parkir tidak di tepi jalan). Nilai (WTT) Waktu Tunggu Terminal GD = 20 menit/gerbong. Penyiapan ruang bebas dan ruang bebas dan ruang bangun, untuk ukuran ruang bebas dengan jarak 1950 mm (jarak as ke body kereta), untuk jarak ruang bangun yang di tetapkan pada emplasemen 1,95 m sampai 2,35 m di kiri kanan sumbu jalur. Proses perencanaan jalur bongkar muat sesuai geometri jalan rel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 625 Railroad Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI22201#TEKNIKSIPIL" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2018 01:34 | |||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:58 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/790 |
Actions (login required)
View Item |