Rancang Bangun Instalasi Air Bersih dengan Pemakaian Filter Penyaring Air dan Batok Kelapa sebagai Karbon Aktif (study kasus : Instalasi Air Tanah di Universitas Muhammadiyah Jember)

Vihantara, Ricky (2017) Rancang Bangun Instalasi Air Bersih dengan Pemakaian Filter Penyaring Air dan Batok Kelapa sebagai Karbon Aktif (study kasus : Instalasi Air Tanah di Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Air adalah sumber kehidupan, namun saat ini air di sekitar kita sedikit banyak sudah tidak lagi sepenuhnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan, banyak faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya dikarenakan tercemarnya sumber mata air oleh limbah industri rumah tangga, akibatnya air menjadi tidak jernih lagi. Seperti yang terjadi di Air Tanah Laboratorium Hidrolika Teknik Sipil area kampus Muhammadiyah Jember dan Perumahan Jember New City Patrang (JNC) yang masih mengandung zat kimia mangan yang cukup besar melebihi air bersih yang sudah di standarkan, oleh sebab itu peneliti menggunakan filter penjernih ini untuk mendapatkan air yang berkualitas baik, dengan komposisi media filter penjernih yang paling optimal. Dengan memanfaatkan Karbon aktif batok kelapa, Pasir silika, Zeolit, dan Manganesee greensand dalam penelitian ini dapat mengurangi kadar zat kimia mangan yang berlebih sehingga air yang dihasilkan dapat memenuhi standar air bersih menurut PERMENKES/RI No.416/IX/1990. Data penelitian menggunakan analisa dalam bentuk grafik dan tabel dan dapat disimpulkan dalam penelitian ini komposisi media yang paling optimal yaitu menggunakan Karbon Aktif 35%, Pasir Silika 25%, Manganese 20%, Zeolit 20%. Karena pada komposisi ini Mangan (Mn) dan Besi (Fe) mengalami penurunan dan memenuhi standar kualitas mutu air baku yang di syaratkan oleh PERMENKES standar mutu kualitas air Golongan B. Dari hasil komposisi yang sudah didapatkan dengan memanfaatkan penelitian pembuatan filter penjernih air bersih skala kecil di Laboratorium maka dalam tahap pengaplikasian di lapangan yang berlokasi di Perumahan Jember New City Patrang dapat direncanakan untuk instalasi air bersih skala besar diameter tabung sebesar 60 cm dengan volume 1.139 m3 Luas 0.003 m3 tinggi tabung 4 m dengan kebutuhan bahan media 632.362 gram, untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk 7.232 L/dt/hr dengan proyeksi jumlah penduduk perumahan JNC pada tahun 2020 mencapai 3174 jiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisa Kualitas Air Tanah Menggunakan Filter Penjernih Air
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 627 Hydraulic Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:19
Last Modified: 10 Sep 2019 13:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item