Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Sukosari Kabupaten Bondowoso)

Andriyanto, Dimas Aditia (2017) Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Melalui Pasar Tradisional (Studi Kasus di Desa Sukosari Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Pasar tradisional sebagai pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah termasuk kerjasama dengan swasta dengan tempat usaha berupa toko, kios, los, dan tenda yang dimilki/ dikelola oleh pedagang kecil, menengah, swadaya masyarakat, atau koperasi denganusaha skal kecil, menegah, dengan usaha skala kecil, modal kecil dan dengan proses jual beli barang dagangan melalui tawar menawar. Pasar tradisonal adalah pasar yang kegiatan para penjual dan pembelinya dilakukan secara langsung dalam bentuk eceran dalam waktu sementara atau tetap dengan tingkat pelayanan terbatas. Salah satu fenomena yang menarik untuk dikaji berkaitan dengan topik ini adalah Peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa melalui pasar tradisional di Desa Sukosari Kabupaten Bondowoso. Desa sukosari merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso. Peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa melalui pasar tradisional didesa sukosari kabupaten Bondowoso sudah sangat baik, dengan menyediakan tempat untuk berjualan para pedagang tanpa di pungut biaya sepeserpun untuk membeli tanah ataupun menyewa tanah untuk berjualan serta selalu meningkatkan pelayanan daan pembangunan sarana dan prasarana setiap tahunya. Selama ini pendapatan terbesar desa adalah pendapatan yang diperoleh dari pasar tradisional yang ada didesa sukosari lor. Faktor penghambat untuk meningkatkan pendapatan asli desa melalui pasar tradisional selama ini sudah cukup bisa diatasi oleh pemerintah desa. pemerintah desa setiap tahun selalu meningkatkan pembangunan pasar dan infrastruktur pasar supaya dapat menambah pendapatan pedagang pasar. Dengan meningkatnya pendapatan pasar maka pendapatan asli desa juga dapat meningkat seiring berjalannya waktu setiap tahunnya. Pemungutan uang kebersihan dan keamanan selain untuk meningkatkan infrastruktur desa juga digunakan untuk biaya gaji petugas yang ada di pasar tradisional Desa Sukosari. Kata Kunci : Pasar Tradisional, Peran Pemerintah Desa, Pendapatan Asli Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Peran Pemerintah Desa, Pendapatan Asli Desa
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:40
Last Modified: 18 Sep 2019 13:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item