Peran Pemerintah Desa dalam Pengembangan Usaha Kecil Tasbih dan Aksesoris ( Studi Kasus di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember )

Septiyana, Masdinia (2017) Peran Pemerintah Desa dalam Pengembangan Usaha Kecil Tasbih dan Aksesoris ( Studi Kasus di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
0. Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
9. Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia melalui berbagai kebijakan ekonomi telah berusaha mengembangkan dan memberdayakan usaha kecil dan menengah sebagai penopang bagi perekonomian nasional, baik sebagai penyedia lapangan kerja, lapangan usaha maupun penghasil devisa negara. Hal terpenting yang dibutuhkan oleh usaha kecil adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Kemajuan suatu usaha ditentukan oleh entrepreneur yang secara sistematik tumbuh pesat dan mempunyai dasar pengetahuan dimana kecepatan, gerak serta inisiatif menjadi inti kesuksesan. Entrepreneur adalah seseorang yang kreatif dan inovatif , yang dapat menangkap peluang usaha serta memiliki visi pengembangan usaha. Rumusan masalah dari skripsi ini mengkaji aspek peran pemerintah desa tersebut berdasarkan analisis beberapa data penelitian di lapangan yang dilakukan di desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemerintah desa dalam pengembangan usaha kecil tasih dan aksesoris dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan peran pemerintah desa di Desa Tutul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember karena jumlah pengrajin cukup tinggi di wilayah ini. Informan yang diambil dari beberapa pejabat aparatur desa pelaksana pengembangan usaha kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Metode penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara induktif. Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa peran pemerintah desa dalam pengembangan usaha kecil tersebut belum sepenuhnya berjalan sesuai tujuan dan target pengembangan usaha kecil berdasarkan program pemerintah desa di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember tahun 2017 masih belum tercapai karena ada beberapa indikator yang masih belum berjalan dengan tepat sehingga program pengembangan masih perlu perbaikan agar lebih efektif dalam mencapai tujuan program. Kata Kunci: Peran, Pemerintah desa, Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemerintah desa, Pengembangan
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:23
Last Modified: 19 Sep 2019 07:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item