Desain dan Analisis Mobil Hemat Energi Type Urban

Afandi, Muhammad (2021) Desain dan Analisis Mobil Hemat Energi Type Urban. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (648kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
d. Bab II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] Text
i. Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
j. Jurnal.pdf

Download (412kB)

Abstract

Dunia otomotif tersebar luas pada era industri 4.0 yang kini lebih menekankan kepada kendaraan yang hemat energi untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan berkurangnya suplay bahan bakar mineral seperti minyak dan gas yang tidak dapat di perbarui dengan tujuan untuk mengurangi emisi atau polusi dari gas buang kendaraan motor bakar. Trend kendaraan masa depan lebih mengarah kepada mobil hemat energi dan ramah lingkungan. Chassis menjadi komponen yang sangat penting dan mendasar dalam perancangan sebuah kendaraan. Semua beban yang ada pada kendaraan bertumpu pada chassis, mulai dari penumpang, sistem mengemudi, mesin dengan semua peralatan pendukung dan penunjang nyaman pengendara, semuanya ditopang oleh rangka. Sedangkan elemen pada chassis tersebut adalah elemen dua dimensi serta kombinasi antara beam dan truss, sehingga terdapat tiga macam simpangan yang ada pada setiap titik nodal yaitu simpangan vertikal, horizontal dan rotasi. Hal tersebut diperlukan material yang kuat untuk memenuhi spesifikasi. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain chassis tipe urban, Mengetahui berapa kekuatan bahan, pembebanan statis, tegangan safety factor yang terjadi pada chassis tipe monocoque, Mendapatkan desain chassis jenis monocoque yang kuat ringan namun masih memperhatikan aspek-aspek keselamatan dan keamanan untuk berkendara. Kesimpulannya yaitu Desain rangka menggunakan material Alumunium 6061-T6 menghasilkan tegangan 6,291e+07 N/m2, displacement 7,250e+00 mm dan safety factor 4,3717e +00, sedangkan desain rangka yang sama menggunakan material Alumunium 6063-T1 menghasilkan tegangan sebesar 6,293e+07 N/m2, displacement 7,260e +00 mm dan safety factor 1,4300e +00, dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa desain chassis menggunakan material AIuminium 6061-T6 lebih aman digunakan. Hasil simulasi menunjukkan variasi material Alumunium 6061-T6 dan Alumunium 6063-T1 yang diberi beban statis berpengaruh terhadap nilai tegangan, displacement dan safety factor yang dihasilkan pada model chassis yang di uji menggunakan software solidworks 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain Chassis KMHE, Kekuatan Material
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 691 Building Material
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Afandi Muhammad
Date Deposited: 30 Jan 2021 00:59
Last Modified: 30 Jan 2021 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item