Pengaruh Modifikasi Pada Bagian Ruang Bakar Dan Cvt (Continusously Variable Transmission) Terhadap Performa Motor 4 Langkah Skuter Matic Injeksi Menggunakan Variasi Bahan Bakar

Sasongko, Arif Teguh (2018) Pengaruh Modifikasi Pada Bagian Ruang Bakar Dan Cvt (Continusously Variable Transmission) Terhadap Performa Motor 4 Langkah Skuter Matic Injeksi Menggunakan Variasi Bahan Bakar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (540kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan skuter matic injeksi yang divariasi dengan mesin standar dan mesin modifikasi menggunakan bahan bakar pertamax, pertamax turbo dan bensol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Skuter Matic Injeksi 110cc. Data yang didapat lalu dianalisa dengan cara mengamati secara langsung lalu menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer atau sering kita dengar dengan sebutan dynotest guna mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan daya dan torsi yang cukup signifikan. Untuk daya maksimal dihasilakn pada mesin yang telah dimodifikasi menggunakan bensol sebesar 17,2 Hp dan torsi 31,53 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada mesin standar menggunakan pertamax sebesar 3,8 Hp dan torsi 2,98 Nm. Hasil penelitian menunjukan daya dan torsi terbesar diperoleh pada mesin yang telah dimodifikasi dengan timing pengapian dimajukan 350 dengan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mesin Modifikasi, Daya, Torsi
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Mesin
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufarida, Nely Ananidn0022047701
UNSPECIFIEDKosjoko, Kosjokonidn0715126901
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:15
Last Modified: 09 Feb 2021 03:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item View Item