Hubungan Implementasi Asesmen Kebutuhan Edukasi Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Melati RSD Balung Jember

Indahwati, Iin (2021) Hubungan Implementasi Asesmen Kebutuhan Edukasi Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Melati RSD Balung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (612kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
i. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
j. Daftar Pustaka.pdf

Download (622kB)
[img] Text
k. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
l. Jurnal- Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN Skripsi, 1 Februari 2021 Iin Indahwati Hubungan Implementasi Asesmen Kebutuhan Edukasi Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Melati RSD Balung Jember Ixii + 79 hal + 6 tabel + 1 bagan + 2 gambar + 12 lampiran Abstrak Pendahuluan: Asesmen kebutuhan edukasi merupakan proses pengumpulan informasi, menganalisis serta menginterpretasikan data tentang pasien dan keluarga. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang berbagai kondisi individu dan lingkungan sebagai dasar untuk memahami individu dalam pengembangan program pelayanan kesehatan yang sesuai kebutuhan tercapainya mutu yang baik dalam pelayan di rumah sakit. Metode: Desain penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan tujuan untuk meneliti apakah ada hubungan implementasi asesmen kebutuhan edukasi dengan kepuasan pasien. Populasi penelitian ini berjumlah 135 responden dengan sampel sebanyak 74 responden. Tehnik sampling menggunakan quota sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisoner. Hasil : Analisis menunjukkan bahwa sebagian besar 55 (74,3%) responden menyatakan implementasi asesmen kebutuhan edukasi dalam kategori baik. Sedangkan 49(66.2%) responden menyatakan kepuasan pasien dalam kategori puas. Hasil analisis menunjukkan hasil uji statistik menggunakan Spearman Rho (p value = 0.00; ≤ α=0.05;r=0.83) menunjukkan ada hubungan antara implementasi asesmen kebutuhan edukasi dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Melati RSD Balung Jember. Diskusi: Implementasi asesmen kebutuhan edukasi menjadi kebutuhan yang mutlak bagi pasien atau responden. Dan merupakan informasi dan edukasi yang dibutuhkan pasien selama di ruang rawat inap. Rekomendasi: Bahwa pemberian hak dan kewajiban harus tersampaikan tidak hanya dalam bentuk pendokumentasian sehingga pasien mengerti,memahami dan bisa mengambil keputusan untuk pelayanan yang dibutuhkan. Kata kunci: Implementasi Asesmen, Kebutuhan Edukasi, Kepuasan Pasien Daftar Pustaka 23 (2010 - 2018)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Indahwati Iin
Date Deposited: 13 Feb 2021 03:54
Last Modified: 13 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8443

Actions (login required)

View Item View Item