Pertanggungjawaban Pemerintah Desa dalam Mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember

Efendi, Afrik (2016) Pertanggungjawaban Pemerintah Desa dalam Mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pertanggungjawaban Pemerintah Desa dalam Mengelola APBDes di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban APBDes oleh pemerinah Desa di Desa Seputih kecamatan Mayang Kabupaten Jember dan untuk mengetahui proses dan tahap penyampaian laporan terhadap pihak yang berwenang dan masyarakat di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaen Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari “social situation” pemerinahan Desa. Pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang melipui reduksi data, penyajian Data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pertanggungjawaban pemerintah Desa dalam mengelola APBDes di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember di mulai dari penyusunan dan pelaporan pertanggungjawaban APBDes kepada pihak yang berwenang sudah bisa dikatakan sesuai dengan prosedur meskipun ada kendala-kendala yang terjadi tetapi untuk penyampaian kepada masyarakat masih bisa dikatakan tidak sesuai dengan prosedur, masih bersiat fomalitas belum nampak unsur-unsur pertanggungjawaba.. kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan pertanggungjawaban APBDes oleh pemerintah Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember dapat di kelompokan menjadi dua, yaitu kendala internal, perbedaan pendapat antara pemerintah Desa dengan BPD yang menyebaban proses pembuatan laporan memakan waktu lama dan mengakibatkan keterlambatan pelaporan dan kendala eksternal yang berupa rendahnya perhatian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan Desa.

Item Type: Article
Additional Information: Afrik Efendi (1210511004)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, APBDes, Pemerintah Desa
Subjects: 300 Social Science > 350 Public Administration and Military Science > 351 Public Administration
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 Oct 2018 02:07
Last Modified: 20 Oct 2018 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item