Peran Perawat dalam Pelaksanaan Program Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) di Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember

Almirza, Aldi (2016) Peran Perawat dalam Pelaksanaan Program Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) di Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
PERAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PERAWATAN.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Upaya perawatan kesehatan masyarakat (perkesmas) merupakan upaya program pengembangan yang kegiatannya terintegrasi dalam upaya kesehatan wajib maupun kesehatan pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perawat dalam pelaksanaan program perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas). Penelitian ini menggunakan desain descriptive dan pendekatan indepth-interview. Populasi penelitian ini adalah perawat yang bekerja di Puskesmas Sukowono dan ikut dalam pelaksanaan program perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) dengan sampel berjumlah 6 responden menggunakan cara Non-probality sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara tersrtuktur dengan analisa descriptive. Hasil penelitian menunjukkan peran perawat telah dilakukan sepenuhnya terhadap masyarakat. Peran yang dilakukan adalah promotif, preventif, dan kuratif. Sedangkan rehabilitatif dan resosialitatif ada yang dilakukan dan ada juga yang tidak. Akan tetapi tanggapan masyarakat berbeda-beda, ada yang menerima dan tidak menerima. Ada peran perawat dalam pelaksanaan program perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) Di Puskesmas Sukowono Kabupaten Jember. Rekomendasi penelitian ini adalah perawat supaya lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Item Type: Article
Additional Information: Aldi Almirza (1211011035)
Uncontrolled Keywords: Peran Perawat, Puskesmas, Perawatan Kesehatan Masyarakat
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 Oct 2018 03:56
Last Modified: 20 Oct 2018 03:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item