Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021

Affandi, Hariz (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Segi Gender Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
j.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (395kB)
[img] Text
b. Absrak.pdf

Download (89kB)

Abstract

Dari pemberian soal tersebut memperoleh 3 siswa dengan kemampuan berpikir kritis yaitu 2 laki-laki dan 1 perempuan. Tetapi hanya 2 siswa yang dijadikan penelitian karena ditinjau dari segi gender yaitu 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi setiap siswa tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari segi gender dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kritis ditinjau dari segi gender dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu 24 November 2020 dikelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Peneliti ini menggunakan dua metode pengumpulan data diantaranya, yaitu menggunakan tes berpikir kritis, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian perbedaan diantara keduanya dalam menyelesaikan soal yang diberikan peneliti yaitu terletak pada soal nomor 1 dan nomor 2 untuk siswa laki-laki mendapatkan skor 1 pada indikator aspek pemberian penjelasan. Sedangkan untuk soal nomor 2 pada aspek membangun keterampilan dasar, siswa laki -laki tersebut hanya mendapatkan skor 0 karena tidak menjelaskan rumus dasar. Selanjutnya untuk siswa perempuan mendapatkan skor 4 untuk semua aspek yaitu dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh, bahwa siswa laki-laki dan perempuan dengan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Untuk siswa laki-laki memenuhi 5 indikator soal nomor 1 dan 4 indikator soal nomor 2, selanjutnya untuk siswa perempuan memenuhi 5 indikator atau semua indikator dalam menyelesaikan soal 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Gender, Soal Uraian.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Muhammad hariz affandi
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:22
Last Modified: 01 Mar 2021 06:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8618

Actions (login required)

View Item View Item