Hubungan Program Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan Mekanisme Koping Anggota Keluarga Pasien Gangguan Jiwa di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

Fauwazaky, Atha (2016) Hubungan Program Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan Mekanisme Koping Anggota Keluarga Pasien Gangguan Jiwa di Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Program kesehatan jiwa masyarakat merupakan pelayanan paripurna, mulai dari pelayanan kesehatan jiwa spesialistik, integratif, dan pelayanan yang berfokus masyarakat. Selain itu, memberdayakan seluruh potensi dan sumber daya di masyarakat sehingga terwujud masyarakat yang mandiri dalam memelihara kesehatannya. Program ini ditujukan kepada pasien dengan gangguan jiwa ataupun kepada anggota keluarganya. Program yang ditujukan kepada anggota keluarga dengan pasien gangguan jiwa lebih kearah bagaimana anggota keluarga tersebut memiliki mekanisme koping yang baik dalam menghadapi stressor yang disebabkan karena keadaan pasien yang mengalami gangguan. Mekanisme koping itu sendiri merupakan bagaimana sikap seseorang dalam menghadapi suatu masalah yang dihadapinya. Penelitianini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional yang dimana yang bertujuan mengidentifikasi hubungan program kesehatan jiwa masyarakat dengan mekanisme koping anggota keluarga pasien ganguuan jiwa di Desa Sukorambi Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Populasi pada penelitian ini adalah anggota keluarga yang salah satu anggota keluarganya mengalami gangguan jiwa yang pernah mengikuti program kesehatan jiwa masyarakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu 20 responden dengan menggunakan alat penelitian berupa kuisioner. Berdasarkan uji statistik Spearmandidapatkan hasil pValue 0,035 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara program kesehatan jiwa masyarakat dengan mekanisme koping anggota keluarga pasien gangguan jiwa.

Item Type: Article
Additional Information: Atha Fauwazaky (1211011042)
Uncontrolled Keywords: Program KesehatanJiwaMasyarakat, Mekanisme Koping Anggota,Keluarga Pasien Gangguan Jiwa
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:25
Last Modified: 25 Oct 2018 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item