Efektifitas Latihan Otot Isometrik terhadap Peningkatan Kekuatan Otot pada Pasien dengan Fracture Lower Extermity di Poli Orthopedi dan Traumatologi RSD Dr. Soebandi Jember

Aprilinan, Debby (2016) Efektifitas Latihan Otot Isometrik terhadap Peningkatan Kekuatan Otot pada Pasien dengan Fracture Lower Extermity di Poli Orthopedi dan Traumatologi RSD Dr. Soebandi Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Fraktur merupakan suatu kondisi dimana terjadi integritas tulang. Salah satu terapi non-farmakologi yang dapat meningkatkan kekuatan otot adalah dengan latihan otot isometrik, yaitu menekankan pada kekuatan dan stabilisasi sendi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas latihan otot isometrik terhadap peningkatkan kekuatan otot isometrik pada pasien fracture lower extermity. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 pasien yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yakni 15 pasien sebagai kelompok intervensi dan lainnya sebagai kelompok kontrol, tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Latihan otot isometrik diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Hasil uji wilcoxon ( p < 0,05 ) yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini pada kelompok perlakuan sebelum diberi latihan otot isometrik pada otot iliopsoas memiliki nilai mean sebesar 3,53, otot quadrisep nilai mean sebesar 3,20, otot tibial anterior nilai mean sebesar 3,00, otot Ekstensor halluces longus nilai mean sebesar 4,00, otot gastrocnemius nilai mean sebesar 3,93, sedangkan setelah diberi latihan otot isometrik, otot iliopsoas memiliki nilai mean sebesar 4,20, otot quadrisep nilai mean sebesar 4,07, pada otot tibial anterior nilai mean sebesar 4,13, pada otot Ekstensor halluces longus nilai mean sebesar 4,60, pada otot gastrocnemius nilai mean sebesar 4,60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah latihan otot isometrik efektif terhadap peningkatan kekuatan otot pada pasien fraktur lower extermity . latihan otot isometrik direkomendasikan sebagai latihan komplementer keperawatan terhadap peningkatan kekuatan otot pada pasien fraktur lower extermity.

Item Type: Article
Additional Information: Debby Aprilinan (1211011010)
Uncontrolled Keywords: Latihan Otot Isometrik; Kekuatan Otot , Fracture Lower Extermity
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 26 Oct 2018 01:33
Last Modified: 26 Oct 2018 01:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item