Pengaruh Pendidikan Kesehtan terhadap Kemampuan Kader Menggunakan KPSP di Desa Balung Kidul Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Mustikasari, Dewi (2016) Pengaruh Pendidikan Kesehtan terhadap Kemampuan Kader Menggunakan KPSP di Desa Balung Kidul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Artikel_Jurnal_Dewi_2[1].pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kesehatan merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan informasi seseorang atau kelompok untuk dapa tmelakukan sesuatu tindakan serta perubahan-perubahan perilaku kesehatan setiap individu. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu cara yang dapat memberikan informasi kepada kader posyandu tentang menggunakan KPSP. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan yaitu cara berfikir, kesiapan mental, usia, kematangan, pendidikan, budaya, lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemampuan kader dalam menggunakan KPSP di Desa Balung Kidul. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre test and post tes. Jumlah populasi 30 kader, sampel sejumlah 30 responden yang diperoleh dengan total sampling. Instrumen yang digunakan ialah kuesioner dengan skala Likert. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kader menggunakan KPSP adalah 33% kemampuan baik dan kemampuan cukup adalah 67% . Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemampuan kader menggunakan KPSP di Desa Balung Kidul kabupaten Jember (p = 0,000). Metode Role Play sangan efektif untuk menentukan penilaian KPSP berdasarkan usia. Oleh karena itu, penelitian ini direkomendasikan kepada tenaga kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan dengan metode Role Play untuk mempermudah pemahaman kepada kader posyandu dalam pengukuran perkembangan balita menggunakan KPSP.

Item Type: Article
Additional Information: Dewi Mustikasari (1211011013)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, KPSP, Kader
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:24
Last Modified: 26 Oct 2018 02:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item