Monitoring Dokumen Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas dalam Bidang Perencanaan Berdasarkan Standar Akreditasi di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso

Miranti, Fitri Dyah (2016) Monitoring Dokumen Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas dalam Bidang Perencanaan Berdasarkan Standar Akreditasi di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Dokumen Akreditasi puskesmas merupakan bukti tertulis atau bukti yang berupa rekaman suara maupun gambar yang dapat dijadikan bukti keterangan akreditasi puskesmas. Dokumen tersebut dijadikan pembuktian untuk penilaian akreditasi. Sedangkan dokumen kepemimpinan dan manajemen puskesmas dalam bidang perencanaan adalah bukti tertulis atau bukti yang berupa rekaman suara maupun gambar tentang kepemimpinan dan manajemen puskesmas dalam bidang perencanaan untuk penilaian akreditasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menilai kelengkapan serta kesesuaian dokumen kepemimpinan dan manajemen puskesmas dalam bidang perencanaan berdasarkan standar akreditasi Di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu Puskesmas Maesan. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi akreditasi puskesmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 standar terdapat satu elemen yang mendapat skor 0 (tidak terpenuhi). Pada standar pertama, kedua dan ketiga diperoleh nilai sebesar 75%, sedangkan standar keempat, kelima, dan keenam diperoleh nilai 100%. Keseluruhan kelengkapan dan kesesuaian dokumen kepemimpinan dan manajemen puskesmas dalam bidang perencanaan di Puskesmas Maesan Kabupaten Bondowoso sudah sebagian lengkap dan sesuai dengan nilai 79% yang berarti cukup. Penelitian ini direkomendasikan kepada puskesmas untuk melengkapi serta menyesuaikan dokumen dengan pelaksanaannya supaya nilai akreditasi ≥ 80%.

Item Type: Article
Additional Information: Fitri Dyah Miranti (1211011019)
Uncontrolled Keywords: Dokumen Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas; Standar Akreditasi Puskesmas
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 01 Nov 2018 01:59
Last Modified: 01 Nov 2018 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item