Hubungan Peran Ibu dalam Pemberian Pendidikan Seksual dengan Kemandirian Toileting Anak Usia 7-9 Tahun di SDN Rambigundam 03 Kecamatan Rambipuji Jember

Arif, Fuad (2016) Hubungan Peran Ibu dalam Pemberian Pendidikan Seksual dengan Kemandirian Toileting Anak Usia 7-9 Tahun di SDN Rambigundam 03 Kecamatan Rambipuji Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Aktivitas toileting merupakan bagian dari pendidikan seksual pada anak. Kemampuan toileting dalam hal BAK dan BAB anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah stimulasi toilet training yang dilakukan oleh ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan peran ibu dalam pemberian pendidikan seksual dengan kemandirian toileting anak usia 7-9 tahun. Penelitian ini menggunakan desain study corelational dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah anak didik di kelas 1, 2, dan 3 yang terdapat di SDN Rambigundam 03 Kecamatan RambipujiJember dengan sampel berjumlah 38 responden menggunakan cara simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner serta analisis data dengan menggunakan spearmen test. Hasil penelitian menunjukkan peran ibu dalam pemberian pendidikan seksual adalah 86,84 %baik dan kemandirian toileting adalah 97,36 % mandiri. Ada hubungan antara peran ibu dalam pemberian pendidikan seksual dengan kemandirian toileting anak usia 7-9 tahun (p = 0,008). Rekomendasi penelitian ini hendaknya ibu dapat menerapkan peran ibu dengan baik agar pendidikan seksual yang diberikan dapat berdampak bagi kemandirian toileting anak.

Item Type: Article
Additional Information: Fuad Arif (1211011046)
Uncontrolled Keywords: Peran ibu, Pendidikan seksual, Kemandirian toileting
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:34
Last Modified: 01 Nov 2018 02:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item