Hubungan Peran Kelompok Pendukung ASI dengan Persepsi Ibu Hamil Tentang Inisiasi Menyusu Dini di Wilayah Kerja Puskemas Panti Jember

Setiyana, Hendra (2016) Hubungan Peran Kelompok Pendukung ASI dengan Persepsi Ibu Hamil Tentang Inisiasi Menyusu Dini di Wilayah Kerja Puskemas Panti Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Kelompok pendukung ASI merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ASI. Tugas kelompok pendukung ASI yaitu sebagai edukator, motivator dan konselor. Salah satu edukasi yang diberikan kepada masyarakat yaitu tentang inisiasi menyusu dini. Inisiasi menyusu dini merupakan proses bayi menyusui segera sebelum satu jam setelah melahirkan. Persepsi merupakan ungkapan seseorang terhadap suatu objek. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah populasi 34, sampel yang diambil 34 responden yang diperoleh dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil analisa data menunjukkan bahwa responden mempersepsikan peran kelompok pendukung asi dalam kategori cukup 61,80% dan ibu hamil mempersepsikan tentang inisiasi menyusu dini dengan kategori baik 82,30%. Hasil uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan α=0,05 didapatkan nilai p value 0,033, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran kelompok pendukung asi dengan persepsi ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini. Kekuatan korelasi dapat dilihat melaui nilai r yaitu 0,319 yang berarti kekuatan hubungan antar variabel adalah rendah. Peran kelompok pendukung ASI sangat penting untuk meningkatkan kesadaran ibu tentang menyusui. Sehingga diperlukan peran kelompok pendukung ASI yang lebih untuk memberikan edukasi, konseling dan motivasi kepada ibu hamil dengan meningkatkan kinerja.

Item Type: Article
Additional Information: Hendra Setiyana (1211011047)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Pendukung ASI, Persepsi ibu hamil, inisiasi menyusu dini
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 611 Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:46
Last Modified: 02 Nov 2018 01:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item