Hubungan Kinerja Perawat Puskesmas dengan Kepuasan Perawat pada Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskemas Sumber Jambe Jember

Maulana, Ibnu Anugerah (2016) Hubungan Kinerja Perawat Puskesmas dengan Kepuasan Perawat pada Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskemas Sumber Jambe Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ibnu.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Kinerja perawat adalah aktivitas perawat dalam mengimplementasikan sebaik–baiknya suatu wewenang,tugas dan tanggungjawabnya dalam rangka pencapaian tujuan tugas pokok profesi dan terwujudnya tujuan dan sasaran unit organisasi. Kinerja perawat sebenarnya sama dengan prestasi kerja diperusahaan. Perawat ingin diukur kinerjanya berdasarkan standar objektif yang terbuka dan dapat dikomunikasikan. Jika perawat diperhatikan dan dihargai sampai penghargaan superior, mereka akan lebih terpacu untuk mencapai prestasi pada tingkat lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kinerja perawat puskesmas dengan kepuasan perawat pada era jaminan kesehatan nasional (jkn). Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah populasi 18, sampel yang diambil 18 responden yang diperoleh dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil analisa data menunjukkan bahwa responden dengan kinerja 61,11% optimal dan responden kepuasan merasa cukup 61,12%. Hasil uji statistic menggunakan Spearman dengan α=0,05 didapatkan nilai p value 0,013, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kinerja perawat dengan kepuasan perawat pada era jaminan kesehatan nasional (jkn). Kekuatan korelasi dapat dilihat melaui nilai r yaitu 0,572 yang berarti kekuatan hubungan antar variable ladalah sedang. Penelitian ini direkomendasikan kepada tenaga kesehatan untuk mengetahui kinerja perawat dengan kepuasan perawat pada era jaminan kesehatan nasional. Hasil uji statistik menggunakan Spearman dengan α=0,05 didapatkan nilai p value 0,013, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kinerja perawat dengan kepuasan perawat pada era jaminan kesehatan nasional (jkn). Kekuatan korelasi dapat dilihat melaui nilai r yaitu 0,572 yang berarti kekuatan hubungan antar variable adalah sedang. Penelitian ini direkomendasikan kepada tenaga kesehatan untuk mengetahui kinerja perawat dengan kepuasan perawat pada era jaminan kesehatan nasional.

Item Type: Article
Additional Information: Ibnu Anugerah Maulana (1211011048)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perawat, Kepuasan Perawat Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:59
Last Modified: 02 Nov 2018 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item