Efektifitas Terapi Bekam terhadap Penurunan Skala Nyeri Dismenore pada Mahasiswi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadyah Jember

Kurniawati, Indah (2016) Efektifitas Terapi Bekam terhadap Penurunan Skala Nyeri Dismenore pada Mahasiswi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadyah Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Dismenore merupakan nyeri pada saat haid yang dapat menyebabkan perempuan meninggalkan aktifitasnya untuk beristirahat. Salah satu terapi non-farmakologi yang dapat menurunkan nyeri adalah terapi bekam. Terapi bekam merupakan terapi komplementer yang memiliki prinsip kerja vakumisasi, perlukaan dan penyedotan darah di area tertentu sehingga dapat menyembuhkan penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas terapi bekam pada Mahasiswi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadyah Jember. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design dimulai pada bulan Oktober 2015-Juni 2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 mahasiswi yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yakni 15 mahasiswi sebagai kelompok eksperimen dan lainnya sebagai kelompok kontrol, tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Terapi bekam diberikan pada 8 titik, dengan pemberian perlakuan sebanyak 1 kali. Hasil uji pada Mann Whitney diperoleh p value 0.001 yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Pada kelompok perlakuan rata-rata skala nyeri dismenore sebelum perlakuan adalah 5.73 dan skala nyeri setelah diberikan terapi bekam adalah 2.60 sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata skala nyeri dismenore sebelum perlakuan adalah 5.73 dan skala nyeri setelah diberikan kompres hangat adalah 4.13. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi bekam efektif terhadap penurunan skala nyeri dismenore. Terapi bekam direkomendasikan sebagai terapi komplementer keperawatan terhadap penurunan skala nyeri dismenore.

Item Type: Article
Additional Information: Indah Kurniawati (1211011024)
Uncontrolled Keywords: Dismenore; Nyeri; Terapi Bekam
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 615 Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:48
Last Modified: 05 Nov 2018 01:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item