Hubungan Dukungan Kader Posyandu dengan Kepatuhan Ibu Membawa Anaknya Ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso

Firdausiyah, Jinani (2016) Hubungan Dukungan Kader Posyandu dengan Kepatuhan Ibu Membawa Anaknya Ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Kader Posyandu merupakan warga masyarakat setempat yang dipilih atau dirujuk oleh masyarakat, dengan kata lain kader Poyandu merupakan wakil dari warga setempat yang membantu masyarakat dalam masalah kesehatan. Kader Posyandu harus memberikan dukungan kepada Ibu agar patuh membawa anaknya ke Posyandu setiap bulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan kader Posyandu dengan kepatuhan ibu membawa anaknya ke Posyandu. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah sampel 40 responden yang diperoleh dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kueisioner dengan skala likert dan dengan melihat buku KMS (Kartu Menuju Sehat) pengunjung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dukungan kader Posyandu 72,5% dan kepatuhan ibu membawa anaknya ke Posyandu 77,7%. Hasil uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan α=0,05 didapatkan nilai p value 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan kader Posyandu dengan kepatuhan ibu membawa anaknya ke Posyandu. Kekuatan korelasi dapat dilihat melaui nilai r yaitu 0,408 yang berarti kekuatan hubungan antara variabel adalah sedang. Penelitian ini direkomendasikan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan dukungan kader Posyandu agar kepatuhan ibu meningkat.

Item Type: Article
Additional Information: Jinani Firdausiyah (1211011028)
Uncontrolled Keywords: Kader Posyandu, Kepatuhan Ibu
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:14
Last Modified: 05 Nov 2018 02:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item