Hubungan Kunjungan dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Jember

Ima, Linda Miftahul (2016) Hubungan Kunjungan dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan salah satu pendukung utama yang sangat dibutuhkan seseorang yang menghadapi masalah. Selain dukungan keluarga kunjungan sangat dibutuhkan oleh seorang narapidana karena kunjungan tersebut membuktikan bahwa keluarga sangat peduli terhadap situasi yang dialami oleh narapidana tersebut. Kunjungan dan dukungan keluarga memiliki dampak positif terhadap stres (situasi tertekan). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan dan kunjungan keluarga dengan tingkat stres pada narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, dimana sampel yang digunakan yaitu 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data tentang variabel dukungan serta tingkat stres dengan lembar kuesioner dan kunjungan dengan study dokumentasi. Hasil analisa data pada kunjungan keluarga dan dukungan keluarga didapatkan bahwa sebagian besar mempunyai kunjungan dan dukungan baik yaitu 16 (40,0%) dan tingkat stres sebagian besar tingkat ringan 17 (42,5%). Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik Spearman Rank diketahui bahwa ada hubungan antara kunjungan dan dukungan keluarga dengan tingkat stres yaitu P value (α= 0,05). Melalui penelitian ini direkomendasikan kepada keluarga untuk memberikan motivasi atau dukungan kepada narapidana dengan mengunjungi secara rutin.

Item Type: Article
Additional Information: Linda Miftahul Ima (1211011055)
Uncontrolled Keywords: Kunjungan, Dukungan keluarga, Narapidana, Stres
Subjects: 100 Philosophy > 170 Ethics, Moral Philosophy > 173 Ethics of Family Relationships
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:54
Last Modified: 06 Nov 2018 02:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item