Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas V SD di SDN 2 Sempusari Jember

Naufal, Audy Datu Fajrian (2016) Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas V SD di SDN 2 Sempusari Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Brain gym adalah serangkaian gerak sederhana yang menyenangkan dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar dengan menggunakan keseluruhan otak. Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada sesuatu yang berkaitan dengan memori (ingatan), merupakan suatu proses sentral dalam perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Experiment dengan rancangan Post test only with Control Group design yang bertujuan untuk mngetahui kemungkinan adanya perubahan – perubahan yang terjadi setelahnya adanya eksperimen pada siswa kelas V SD di SDN 2 Sempusari Jember dengan jumlah sampel 44 responden yang terdiri dari 22 responden pada kelompok eksperimen dan 22 responden pada kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Hasil penelitian pada kelompo eksperimen didapatkan nilai mean 10, 55, sedangkan pada kelompok kontrol dengan jumlah responden sama memiliki nilai mean mean 5, 86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai mean pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol, Hasil analisis dengan menggunakan uji Independent sample T Test didapatkan p value = 0,000. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada perubahan konsentrasi belajar yang signifikan dari brain gym terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas V SD di SDN 2 Sempusari Jember. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu perlakuan brain gym pada siswa sebaiknya dilakukan secara intensif dan rutin dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Audy Datu Fajrian Naufal (1411012006)
Uncontrolled Keywords: Brain gym, Konsentrasi Belajar, Siswa kelas V SD
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 640 Household Management and Personal Life > 649 Child Rearing, Child Care
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Nov 2018 01:40
Last Modified: 13 Nov 2018 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item