(Peer Review + Similarity) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 7 JEMBER BERBASIS MEDIA APLIKASI TES

Prafitasari, Aulya Nanda (2019) (Peer Review + Similarity) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 7 JEMBER BERBASIS MEDIA APLIKASI TES. Jurnal BIOMA: Biologi dan Pembelajaran Biologi UM Jember, Jember, Jawa Timur, Indonesia.

[img] Text
peer review literasi.pdf

Download (476kB)
[img] Text
similarity Literasi sains ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. Literasi sains.pdf - Published Version

Download (743kB)

Abstract

Kemampuan siswa Indonesia dalam Literasi Sains dikategorikan pada "result of PISA 2015" masih sangat rendah. Kemampuan literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk diasah dan terus ditingkatkan. Kemampuan literasi sains adalah dasar dalam mencapai peningkatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains siswa dalam 4 kategori, yakni: Literasi Nominal, Literasi Fungsional, Literasi Konseptual/Prosedural, dan Literasi Multidimensional. Siswa SMP Negeri 7 Jember yang diuji berasal dari beberapa tingkat dengan total 40 siswa. Tes bersifat CBT dengan menggunakan bantuan media aplikasi game turnament "Kahoot!". Hasil uji kemampuan literasi sains menunjukkan bahwa hanya 85% siswa telah baik dalam literasi nominal. Selanjutnya sebanyak 70% siswa cukup mampu dalam literasi fungsional. Siswa pada ranah literasi konseptual dan multidimensional dengan kriteria kurang berturut-turut memiliki persentase sebesar 53% dan 40%.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Sains, Siswa, Aplikasi Kahoot!
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 501 Philosopy and Theory of Nature Sciences > 507 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: PRAFITASARI AULYA NANDA
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:23
Last Modified: 21 Oct 2021 07:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9497

Actions (login required)

View Item View Item