Hubungan Bermain dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) di RA. Nahdlatuth-Thalabah Kesilir Kecamatan Wuluhan

Siva, Eli (2016) Hubungan Bermain dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) di RA. Nahdlatuth-Thalabah Kesilir Kecamatan Wuluhan. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember.

[img]
Preview
Text
3. JURNAL.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial merupakan bagian dari perkembangan sosial, pada anak usia prasekolah 4 sampai 6 tahun memiliki ciri-ciri yang di antaranya, bersikap kooperatif dengan teman, menunjukkan sikap toleran, memahami peraturan dan disiplin, menunjukkan rasa empati. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan bermain dengan interaksi sosial pada anak prasekolah (4-6 tahun). Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dengan jumlah populasi 45, sampel yang diambil 40 responden yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang di gunakan ialah kuisioner dengan skala likert. Uji statistik yang di gunakan adalah Spearman Rank. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan positif dengan kekuatan sedang antara bermain dengan interaksi sosial pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) RA. Nahdlatuth-Thalabah Kesilir Kecamatan Wuluhan (p = 0,001, r = 0,495). Rekomendasi penelitian ini kepada orang tua untuk memberi kesempatan lebih banyak anak bermain dengan permainan yang dapat meningkatkan interaksi sosial anak, karena dengan bermain yang dapat meningkatakan interaksi sosial anak dapat mengasah kreativitas untuk mengenal dirinya sendiri serta lingkungan dan hal tersebut berdampak positif terhadap perkembangan sosial anak, sehingga anak dapat berinteraksi dengan baik.

Item Type: Article
Additional Information: Eli Siva (1211011017)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Interaksi Sosial, Anak Prasekolah (4-6 Tahun)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:48
Last Modified: 15 Nov 2018 02:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item