Analisis Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UD. Ijen Batik Bondowoso)

Amelia Damayanti, Nia (2021) Analisis Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UD. Ijen Batik Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (931kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

UD. Ijen Batik Bondowoso merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi batik untuk wilayah Bondowoso dan sekitarnya bahkan sampai ke luar Jawa dan luar negeri. Tingginya persaingan batik diindonesia membuat perusahaan harus meningkatkan keunggulan kompetitif Untuk meningkatkan keunggulan yang kompetitif UD. Ijen Batik perlu melakukan strategi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis rantai nilai produk batik tulis yang ada di UD. Ijen Batik Bondowoso. Analisis rantai nilai salah satu cara pandang suatu perusahaan sebagai rantai aktivitas yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku rantai nilai terdiri dari supplier, perusahaan, wholeseller dan retail. Pada analisis nilai tambah yang dilakukan pada saat produksi batik tulis menunjukkan nilai tambah sebesar 213.000,00 atau 81,3 %/per unit. Hal ini dikarenakan hasil nilai ambah yang tertinggi diperoleh dari aktivitas penjualan dan pemasaran. Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Depositing User: Damayanti Nia Amelia
Date Deposited: 05 May 2021 05:43
Last Modified: 05 May 2021 05:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9713

Actions (login required)

View Item View Item