Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Slawu 02 Kabupaten Jember

Jannah, Siti Nadya Rahmatul (2021) Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Slawu 02 Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN REPO.pdf

Download (546kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (654kB)

Abstract

Jannah, Siti Nadya Rahmatul. (2021). Kesulitan Belajar bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN Slawu 02 Kabupaten Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Fitri Amilia, M.Pd, (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata kunci: kesulitan Belajar, faktor penyebab kesulitan belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja jenis kesulitan belajar beserta faktor penyebabnya pada siswa kelas III SDN Slawu 02 Kabupaten Jember. Kelambatan belajar dan kemalasan belajar menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya. Khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengandung bahan bacaan, memberikan gangguan belajar kepada siswa-siswa yang masih belum bisa membaca. Adapun faktor internalnya adalah minat belajar siswa sendiri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan orang tua yang kurang mendukung proses belajar anak didiknya. Metode penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan kecermatan dalam penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang ditemukan yaitu Slow Learner dan Learning Disability, yang dimana faktor internal penyebab kedua kesulitan belajar tersebut adalah kemalasan belajar dan kemauan belajar siswa yang rendah. Adapaun faktor eskternal yaitu dukungan orang tua yang kurang dalam membimbing proses belajar anaknya serta disertai juga dengan keadaan ekonomi keluarga. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah kesulitan belajar pada siswa bisa saja terjadi, hal tersebut tidak hanya bergantung pada diri siswa namun juga lingkungan turut berpengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Faktor Penyebab kesulitan belajar
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Siti Nadya Rahmatul Jannah
Date Deposited: 31 May 2021 00:52
Last Modified: 31 May 2021 07:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item