Penerapan Metode Dikte Pada Kegiatan Menulis Anak Kelas 2 Di Sekolah Dasar Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021



Saroh, Umi (2021) Penerapan Metode Dikte Pada Kegiatan Menulis Anak Kelas 2 Di Sekolah Dasar Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of a. Pendahuluan.pdf] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of b. Abstrak.pdf] Text
b. Abstrak.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of c. Bab I.pdf] Text
c. Bab I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of d. Bab II.pdf] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of e. Bab III.pdf] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of f. Bab IV.pdf] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[thumbnail of g. Bab V.pdf] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of h. Bab VI.pdf] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of i. Daftar Rujukan.pdf] Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of j. Lampiran.pdf] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel (skripsi umi).pdf] Text
Artikel (skripsi umi).pdf

Download (337kB)

Abstract

Metode dikte digunakan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa dengan menggunakan 3 langkah cara mendikte yang dilakukan pada saat kegiatan
menulis. Kegiatan menulis merupakan salah satu aspek penting dari keempat aspek perkembangan bahasa.
Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah bagaimanakah penerapan metode dikte pada kegiatan menulis anak kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama melakukan kegiatan menulis, hasil tugas, hasil wawancara dengan siswa dan guru walikelas.
Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode dikte telah menunjukkan hasil perubahan pada kesulitan yang dialami siswa. Dari awalnya siswa yang masih mengalami beberapa kesulitan, akhinya selama 3 minggu
berturut-turu dilakukan penerapan metode dikte pada kegiatan menulis hasil tulisan siswa mengalami perubahan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
LaksmiWardhani, WahjuDyah
nidn
Dosen Pembimbing
Kusumaningtyas, Nuraini
nidn0721108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode dikte, kegiatan menulis
Subjects: 400 Language
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Umi Saroh | umisaroh211@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2021 05:00
Last Modified: 30 Jul 2021 05:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11462

Actions (login required)

View Item View Item