(Peer review + Similarity) PENGARUH STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs. NURUL JADID KABUPATEN BONDOWOSO

Qurrota, A'yun and Dimas, Anditha Cahyo Sujiwo (2019) (Peer review + Similarity) PENGARUH STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs. NURUL JADID KABUPATEN BONDOWOSO. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, Indonesia.

[img] Text
plagiasi_pengaruh synergetic.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. peer rerevie pengaruh strategi synergetic.pdf

Download (448kB)

Abstract

Synergetic Teaching adalah kegiatan yang menyatukan dua kegiatan belajar yang tidak sama. Salah satu manfaat dari Synergetic teaching adalah siswa berbagi pengetahun materi pelajaran yang didapat dari pengalaman belajar dengan cara mendiskusikan catatan belajarnya. Synergetic teaching diawali dengan memisahkan siswa menjadi dua grup besar yang berbeda. Di setiap grup besar ini, siswa menerima kegiatan belajar yang berbeda. Implementasi dari strategi synergetic teaching, terfokus pada topik materi merupakan kegiatan yang akan dikerjakan oleh siswa. Pertama, siswa perlu konsentrasi penuh pada kegiatan pembelajaran pada kelompok yang telah ditentukan. Di bagian inti siswa nantinya juga akan membuat resum materi yang dibahas dan disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar. Intinya, siswa terlibat menyeluruh pada aktivitas belajar mengajar yang akhirnya berdampak pada keaktifan setiap siswa dalam proses mencari ilmu pengetahuan. Penelitian ini disebut dengan jenis penelitian pre-eksperimen dan rancangan penelitian one-group pretest postest desain. Data yang telah terkumpul dikaji melalui t-test dari data pretest dan posstest. Kegiatan analisis yang dilakukan untuk menguji dan menunjukkan pengaruh dari pembelajaran synergetic teaching atas hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil research yang telah dilaksanakan menunjukkan untuk a = 5%, dk 38 diperoleh t-tabel = 1,685954 dan t-tabel < t-hitung , maka Ha diterima sementara H0 ditolak, yang menyimpulkan rata - rata nilai siswa sesudah menggunakan strategi synergetic teaching lebih dari rata-rata nilai sebelum menggunakan. Berdasarkan penjabaran tersebut, ada pengaruh synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Synergetic Teaching, hasil belajar, pembelajaran matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities & Applied Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: qurrota a'yun a'yun
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:18
Last Modified: 02 Mar 2022 03:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item