Anwar, Winda Dwi Kusuma (2022) Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (775kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (12MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (790kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena keterampilan metakognitif merupakan kesadaran dalam berpikir tentang apa yang diketahui dan bagaimana cara menerapkan konsep matematika dalam memecahkan masalah. Komponen keterampilan metakognitif yaitu perencanaan, pemantauan dan penilaian. Pada penelitian ini dilakukan analisis keterampilan metakogntif siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran. Tahapan pemecahan masalah yang digunakan yaitu menggunakan tahapan Dewey. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan metakognitif siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang, dan rendah pada materi lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Narasumber penelitian adalah guru matematika, dan 6 siswa yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, keenam subjek memiliki keterampilan metakognitif yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah dengan kategori kemampuan siswa tinggi, sedang dan rendah. Kategori tersebut menunjukkan (1) siswa yang memiliki kemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika yang sangat baik dan mampu memenuhi 3 komponen keterampilan metakognitif. (2) siswa yang memiliki kemampuan sedang dalam pemecahan masalah matematika yang baik dan mampu memenuhi 2 komponen keterampilan metakognitif. (3) siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematika kurang mampu dan mampu memenuhi 1 komponen keterampilan metakognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Metakognitif Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Winda Dwi Kusuma Anwar | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | winddwika12@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 01:20 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2022 01:20 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14391 |
Actions (login required)
View Item |