ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DENGAN PEMBERIAN BENTUK SCAFFOLDING BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN



Laillia Nur, Azizah (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DENGAN PEMBERIAN BENTUK SCAFFOLDING BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of K. ARTIKEL.pdf] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (740kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena rendahnya nilai
matematika yang disebabkan oleh siswa salah dalam mengerjakan soal uraian.
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Jenis kesalahan apa yang sering dilakukan
siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang? (2) Bagaimana cara meminimalisir
kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang dengan
menggunakan bentuk Scaffolding? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum
peneliti adalah Untuk menemukan dan mengetahui kesalahan yang sering dilakukan
siswa dalam mengerjakan soal uraian peluag menggunakan teori Newman dan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh teori Scaffolding dalam meminimalisir tingkat
kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu 2 Maret 2022 dan 4 Maret 2022 dikelas XII
IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti menggunakan empat metode
pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal
tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil prosentase jenis kesalahan
yang dilakukan siswa menurun setelah diberikan bentuk scaffolding. (1) kesalahan
membaca 14,29% menjadi 0% (2) kesalahan memahami soal 14,29% menjadi 0%
(3) kesalahan transformasi proses 46,43% menjadi 3,56% (4) kesalahan
keterampilan proses 50% menjadi 3,56% (5) kesalahan penulisan jawaban akhir
64,29% menjadi 0%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teori
Newman merupakan pilihan yang tepat untuk menganalisis kesalahan siswa dalam
mengerjakan soal uraian. Pemberian bentuk Scaffolding dalam kegiatan
pembelajaran dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma
Nidn0730038902
UNSPECIFIED
Agustina, Lady
Nidn0722088102

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Teori Newman, scaffolding, peluang, analisis kesalahan.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Laillia Nur Azizah | laillianurazizah02@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:06
Last Modified: 29 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14488

Actions (login required)

View Item View Item