Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Al - Islam Kemuhammadiyaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Srono

Ika Nurma, Meidina (2022) Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Al - Islam Kemuhammadiyaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Srono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (845kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (718kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (615kB)

Abstract

ABSTRAK Meidina,Ika Nurma,2022.Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Al- Islam Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono,Skripsi,Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing : (1) Dr. Siti Nursyamsiyah, M.Pd (2) Hairul Huda, M.Pd Kata Kunci : Metode Diskusi, Prestasi Belajar Penerapan metode diskusi dapat melatih siswa untuk berpikir kritis maka dari itu untuk mewujudkan hal tersebut dapat dimulai dari proses pembelajaran yang ada di kelas. Salah satunya yaitu menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran. Karena dalam metode diskusi siswa lebih mudah dan bebas berkomunikasi dan mengemukakan pendapat masing-masing. Sehingga kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis akan tergali. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al- Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahai penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertempat di SMK Muhammadiyah 5 Srono dengan pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan 5 informan. Adapun teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan validasi data (kesimpulan). Serta untuk keabsahan data menggunakan Trianggulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu” Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al-Islam kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono yaitu dengan menggunakan metode diskusi proses pembelajaran dapat meninggakatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat di buktikan dengan tercapainya indikator pembelajaran, tercapainya indikator ini dapat di lihat melalui tes tulis dan tes lisan sesuai dengan mata pelajaran, selain itu metode diskusi juga merupakan metode yang praktis, menyenangkan dan membuat siswa mudah mengingat materi yang telah diajarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Nurma Meidina
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDHuda, HairulNIDN0720018902
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:18
Last Modified: 01 Aug 2022 08:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item