Pola Pembelajaran baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember



Fikri, Soimul (2022) Pola Pembelajaran baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah Jember.

[thumbnail of a. PENDAHULUAN OIEM.pdf] Text
a. PENDAHULUAN OIEM.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of b. ABSTRAK OIEM.pdf] Text
b. ABSTRAK OIEM.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of c. BAB 1 OIEM.pdf] Text
c. BAB 1 OIEM.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of d. BAB II OIEM.pdf] Text
d. BAB II OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of e. BAB III OIEM.pdf] Text
e. BAB III OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of f. BAB IV OIEM.pdf] Text
f. BAB IV OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[thumbnail of g. BAB V OIEM.pdf] Text
g. BAB V OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[thumbnail of h. BAB VI OIEM.pdf] Text
h. BAB VI OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of i. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of j. lAMPIRAN.pdf] Text
j. lAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of k. JURNAL.pdf] Text
k. JURNAL.pdf

Download (548kB)

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an‎ (BTQ)‎ merupakan‎ tahap‎ awal‎ yang‎ harus‎ ditempuh untuk memperdalam agama Islam. ‎Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an‎ sudah‎ seharusnya‎ diajarkan‎ kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, ‎baik pendidikan formal maupun non formal.
Masalah penelitian ini adalah bagaimana Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di SMK Nurul Jadid ialah dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan guru, Siswa dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Qiroati kemudian‎ berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode ‎yang digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an ialah dengan menggunkan metode talaqqi yaitu guru membacakan ayat – ayat Al-Qur’an yang kemudian siswa mengikuti bacan guru secara bersamaan, pemberian tugas dan metode yaitu: siswa membaca di hadapan guru satu persatu. Selain itu siswa di berikan tugas menghafalkan surat – surat pendek dalam Al-Qur’an. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Qur’an di kelas, yaitu siswa belajar menyambung huruf – huruf Al-Qur’an menjadi kalimat yang sempurna selain itu siswa juga belajar menyambung ayat Al-Qur’an dalam surat – surat pendek.(imla’)
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatakan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMK Nurul Jadid adalah siswa harus mampu memahami karakter huruf – huruf hijiyah serta mampu melafalkannya dengan benar, selain itu, pemahaman kaidah – kaidah tajwid juga menentukan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar. Untuk pembelajaran menulis Al-Qur’an yaitu dengan menggunkan metode imla’

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rofi, Sofyan
0705078402
Dosen Pembimbing
Huda, Hairul
0720018902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.1 Sources of Islam > 297.122 4 Arabic Texts (Al-Quran)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: SOIMUL FIKRI | deikaasshouqi831@gmail.com
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:07
Last Modified: 03 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item