Fikri, Soimul (2022) Pola Pembelajaran baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN OIEM.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. ABSTRAK OIEM.pdf Download (711kB) |
|
Text
c. BAB 1 OIEM.pdf Download (541kB) |
|
Text
d. BAB II OIEM.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III OIEM.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV OIEM.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V OIEM.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI OIEM.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
j. lAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
k. JURNAL.pdf Download (548kB) |
Abstract
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan tahap awal yang harus ditempuh untuk memperdalam agama Islam. Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Masalah penelitian ini adalah bagaimana Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di SMK Nurul Jadid ialah dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan guru, Siswa dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Qiroati kemudian berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an ialah dengan menggunkan metode talaqqi yaitu guru membacakan ayat – ayat Al-Qur’an yang kemudian siswa mengikuti bacan guru secara bersamaan, pemberian tugas dan metode yaitu: siswa membaca di hadapan guru satu persatu. Selain itu siswa di berikan tugas menghafalkan surat – surat pendek dalam Al-Qur’an. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Qur’an di kelas, yaitu siswa belajar menyambung huruf – huruf Al-Qur’an menjadi kalimat yang sempurna selain itu siswa juga belajar menyambung ayat Al-Qur’an dalam surat – surat pendek.(imla’) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatakan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMK Nurul Jadid adalah siswa harus mampu memahami karakter huruf – huruf hijiyah serta mampu melafalkannya dengan benar, selain itu, pemahaman kaidah – kaidah tajwid juga menentukan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar. Untuk pembelajaran menulis Al-Qur’an yaitu dengan menggunkan metode imla’
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.1 Sources of Islam > 297.122 4 Arabic Texts (Al-Quran) | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | SOIMUL FIKRI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | deikaasshouqi831@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 08:07 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2022 08:07 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14813 |
Actions (login required)
View Item |