Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif



Kusumawardhani, Rizky Ayu and Agustina, Lady and Galatea, Chusnul Khotimah (2023) Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.

[thumbnail of Plag Analisis Numerasi Rizky Chusnul 3.pdf.pdf] Text
Plag Analisis Numerasi Rizky Chusnul 3.pdf.pdf

Download (681kB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/artic...

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan
kemampuan numerasi siswa dalam materi geometri dan
pengukuran ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan
impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIB
SMP Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data berupa tes
MFFT, tes numerasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi
siswa reflektif adalah (1) siswa tinggi sudah menuliskan
semua indikator numerasi dengan baik dan benar, (2) siswa
sedang sudah menuliskan indikator numerasi dengan baik
dan benar, dikarenakan siswa tidak memaparkan konsep
penyelesaian matematikanya dengan baik sehingga hasil
yang dikerjakan kurang tepat, (3) siswa rendah tidak dapat
menuliskan semua indikator numerasi, penyelesaian yang
dipaparkan siswa salah sehingga hasilnya kurang tepat.
Untuk kemampuan numerasi siswa impulsif adalah (1)
siswa tinggi sudah menuliskan semua indikator numerasi
dengan baik dan benar, walaupun ada 1 penyelesaian yang
kurang tepat, (2) siswa sedang sudah menuliskan indikator
numerasi dengan baik dan benar, serta hasil yang
dipaparkan siswa benar dan ada juga yang salah, (3) siswa
rendah tidak dapat menuliskan semua indikator numerasi,
penyelesaian yang dipaparkan siswa salah sehingga
hasilnya kurang tepat.

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Chusnul Khotimah Galatea | chusnulkhotimah@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:31
Last Modified: 24 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item