Hambatan Guru Biologi pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2014-2015



Arista, Sinta (2016) Hambatan Guru Biologi pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014. Kurikulum ini adalah pengembangan dari kurikulum yang telah dirintis pada tahun 2004 maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada tahun 2006. Hanya saja yang menjadi titik tekan pada Kurikulum 2013 ini adalah adanya peningkatan dan keseimbangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan.. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apa saja hambatan yang terjadi pada guru biologi dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Jember. Menindaklanjuti itu peneliti melakukan observasi wawancara kepada guru biologi di SMK Negeri 5 Jember dan memperoleh berbagai macam informasi. Penerapan kurikulum 2013 sampai saat ini masih banyak kendala dalam penerapannya di sekolah. Kendala-kendala tersebut perlu di cermati dan dicari solusi pemecahannya. Hal ini yang juga terjadi di SMK Negeri 5 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan angket Berdasarkan peneitian yang dilakukan dapat disimpulkaan hambatan guru biologi pada pelaksanaan Kurikuum 2013 adalah : (i) pada proses pembelajaran biologi berdasarkan K-13 sebesar 78,6%, dan menurut kepala sekolah 64,3%, (ii) teks pembelajaran berdasarkan K-13 sebesar 68,75%, sedangkan menurut kepala sekolah yaitu 62,5% guru yang mengalami hambatan, (iii) proses dan pelaksanaan penilaian berdasarkan K-13 sebesar 75%, sedeangkan menurut kepala sekolah adalah 75%, (iv) dan yang terakhir minimnya informasi K-13 sebesar 70%, sedangkan menurut kepala sekolah adalah sebesar 60%. Berdasarkan analisis dan hasil pembahasan diperoleh presentase rata-rata bahwa hambatan yang dihadapi guru biologi di SMK Negeri 5 Jember sebesar 75%, sedangkan yang dihadapi kepala sekolah dan ketua kurikulum adalah sebesar 52%.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Munandar, Kukuh
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Komariyanti, Sawitri
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Hambatan, Guru Biologi, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 15 May 2019 03:09
Last Modified: 29 Oct 2019 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1781

Actions (login required)

View Item View Item