Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa

Cahyani, Indah Gita (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dikarenakan siswa menganggap bahwa matematika itu sulit. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran yang bersifat monoton sehingga dapat menyebabkan siswa menjadi pasif. Selain itu, banyak siswa yang mengalami kesulitan serta kurangnya minat belajar pada materi segitiga. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar model Teams Games Tournament (TGT) dibanding metode ceramah pada sub pokok bahasan segitiga kelas VII SMPN 1 Maesan tahun ajaran 2016/2017?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar model Teams Games Tournament (TGT) dibanding metode ceramah pada sub pokok bahasan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Maesan, Bondowoso mulai tanggal 25 April – 13 Mei 2017. Subjek penelitian adalah 62 siswa dari dua kelas yaitu kelas VII B dan VII D. Kelas eksperimen diajar menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan metode ceramah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil post-test diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,000. Siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memiliki rata-rata lebih tinggi (82,34) dibanding siswa yang diajar menggunakan metode ceramah (57,53). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Segitiga
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Date Deposited: 24 May 2019 02:33
Last Modified: 25 Sep 2019 10:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item