Agustina, Maulia (2017) Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Matematis pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
Artikel.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text
1. Cover.pdf Download (126kB) |
||
Text
6. Daftar Rujukan.pdf Download (150kB) |
||
Text
Abstraksi.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
Abstract
Representasi matematis sangat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika yang bersifat abstrak. Bahkan tidak jarang siswa yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika khususnya yang memiliki keabstrakan objek. Oleh karena itu, representasi matematis sangat dibutuhkan siswa dalam memecahkan masalah matematika untuk diselesaikan dengan lebih mudah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan kubus? (2) Bagaimana gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan Balok? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum oleh peneliti, yaitu untuk mengetahui gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan kubus dan untuk mengetahui gambaran representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan matematis pada sub pokok bahasan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu 20 Mei 2017 dan 27 Mei 2017 di kelas VIII C SMP Nuris Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya metode tes, wawancara, dan metode observasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, lembar validasi, soal tes, pedoman wawancara, dan alat perekam. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu menggunakan representasi visual berupa gambar, membuat model matematika dari representasi lain yang disajikan, dan menulis interpretasi yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu menggunakan representasi visual berupa gambar, membuat model matematika dari representasi lain yang disajikan, dan menulis interpretasi yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator representasi matematis dengan baik. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak memenuhi semua indikator representasi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi matematis, kemampuan matematis |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:46 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1873 |
Actions (login required)
View Item |