IMPLEMENTASI NONDETERMINISTIC FINITE-STATE MACHINE PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME AKASHA’S RETALIARE



Abdul, Abdul Rahman (2023) IMPLEMENTASI NONDETERMINISTIC FINITE-STATE MACHINE PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME AKASHA’S RETALIARE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only until 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game adalah interaksi manusia-komputer yang dapat dimainkan oleh satu orang atau
banyak orang. Game dapat meningkatkan kapasitas memori visuospatial diantaranya, multiple object tracking, mental rotation, dan change detection. (Boot, et al. 2008). Player versus environment, adalah jenis permainan dimana pemain fokus
mengalahkan non-playable character (NPC) atau musuh. Dalam penelitian ini, Nondeterministic finite-state machine digunakan untuk membuat keputusan terhadap
aksi dan reaksi pemain untuk mencegah kemenangan. NDFSM akan berfungsi dengan
optimal untuk masalah-masalah non-linear. Sehingga dapat mengembangkan NPC
yang dapat melakukan aksi-reaksi kombinasi yang sulit ditebak dari tindakan yang
dilakukan oleh pemain. Model kualitas ISO/IEC 25010 digunakan dalam melakukan
pengukuran kualitas game Akasha’s Retaliare dengan menggunakan karakteristik dan
sub karakteristik pada model kualitas tersebut. Dari hasil pengujian state transition, NPC game Akasha’s Retaliare berhasil melalui setiap transisi state. Perilaku NPC
menjadi dinamis dan tidak dapat diprediksi yang mengakibatkan gaya bermain akan
bervariasi. Dan dari evaluasi karakteristik kualitas ISO/IEC 25010 dinyatakan bahwa
game Akasha’s Retaliare “Sangat Layak” digunakan. Dengan persentase nilai evaluasi
86,17% dan nilai rata-rata 4,3 dari skala Likert.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Lutfi, Lutfi Ali Muharom
nidn0727108202
Dosen Pembimbing
Deni, Deni Arifianto
nidn0718068103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Akasha’s Retaliare, Finite-state machine, Game, Non-deterministic finite-state machine, ISO/IEC 25010
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Abdul Rahman | crustasea12@gmail.com
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:04
Last Modified: 16 Aug 2023 06:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item View Item