Andre, Muhammad (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (571kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (578kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (457kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Andre, Muhammad. 2023. Penerapan Pembelajaran Model Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Muhammadiyah Bondowoso. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Dr. Siti Nursyamsiyah, M.Pd. (2) Hairul Huda M.Pd.I Kata Kunci : Model Saintifik, Hasil Belajar Pembelajaran model saintifik mengacu pada proses berpikir ilmiah yang melatih pemikiran keseluruhan, sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi guru dan siswa. Pembelajaran dengan model saintifik ini telah diterapkan di SMA Muhammadiyah Bondowoso dalam meningkatkan hasil belajaar siswa. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dengan pendekatan kualitiatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan menggunakan teknik tringulasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Bondowoso menggunakan 5 langkah-langkah yaitu dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasi. Hasil belajar siswa dalam menggunakan pembelajaran model saintifik di SMA Muhammadiyah Bondowoso cenderung meningkat dan efektif, sehingga terciptanya suasana kelas yang baru dan menarik. Adanya model ini siswa lebih aktif dan kritis walaupun ada salah satu siswa yang kurang karena adanya intelektual yang berbeda – beda. Otomatis kegiatan belajar mengajar dapat melatih kreatifitas siswa dan membentuk pola pemikiran siswa yang lebih matang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Saintifik, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 290 Other Religions 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Andre | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | andreanmuhammad999@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:59 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19425 |
Actions (login required)
View Item |