Analisis Sentimen Masyarakat Berdasarkan Komentar Kerja Sama Tiktok Shop dan Tokopedia di Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier



Kurnia, Zaenab (2024) Analisis Sentimen Masyarakat Berdasarkan Komentar Kerja Sama Tiktok Shop dan Tokopedia di Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab v.pdf] Text
Bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB) | Request a copy

Abstract

Kembalinya Tiktok Shop dan berkolaborasi dengan Tokopedia menyita
perhatian masyarakat. Hal ini ditandai dengan, postingan kerjasama antar
keduanya di instagram yang dibanjiri berbagai komentar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen untuk mengetahui penerimaan masyarakat dan sebagai strategi pengembangan kerjasama keduanya. Metode Naïve Bayes Classifier digunakan untuk menganalisis 641 data komentar dari periode 11 Desember 2023 hingga 11 Februari 2024. Hasilnya menunjukkan komposisi sentimen positif, negatif, netral, dan data tidak terklasifikasi serta akurasi, presisi, dan recall model. Ditemukan bahwa dari 641 data, 269 data sentimen netral, 194 data sentimen negatif, 176 data sentimen positif, dan 437 data tidak terklasifikasi. Model Naïve Bayes Classifier dengan teknik oversampling mencapai akurasi 83%, presisi 81%, dan recall 93%.
Kata kunci: Analisis sentimen, Tiktok Shop, Naïve Bayes Classifier.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Zakiyyah, Amalina Maryam
nidn0727058705
UNSPECIFIED
Fitriyah, Nur Qodariyah
nidn0727097501

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Analisis sentimen, Tiktok Shop, Naïve Bayes Classifier.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Zaenab Kurnia | zaenabkurnia1@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:55
Last Modified: 12 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item