Implementasi Naive Bayes Dalam Klasifikasi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Produktivitas Bawang Merah

Rahmat Fitri, Nur Muhammad (2024) Implementasi Naive Bayes Dalam Klasifikasi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Produktivitas Bawang Merah. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (818kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Implementasi Algoritma Naïve Bayes dalam Klasifikasi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Produktivitas Bawang Merah." Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur berdasarkan produktivitas bawang merah menggunakan algoritma Naïve Bayes. Data yang digunakan sebanyak 38 kabupaten di Jawa Timur yang berasal dari Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023.Penelitian ini menggunakan beberapa langkah analisis data, termasuk perhitungan matematika, statistika, dan AI untuk melakukan analisis data. Data terbagi atas dua bagian, yaitu data training dan data testing. Data training digunakan untuk melatih algoritma dalam menemukan model yang paling sesuai, sedangkan data testing digunakan untuk mengetahui performa algoritma yang telah dilatih sebelumnya ketika menemukan data baru yang belum pernah terlihat sebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Naïve Bayes dapat digunakan untuk mengklasifikasikan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur berdasarkan produktivitas bawang merah dengan akurasi yang relatif tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Naïve Bayes dapat membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas bawang merah dan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pemerintah dalam mengembangkan program pengembangan jumlah produk tanaman pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Algoritma Naïve Bayes, Data Mining, Confussion Matrix, Pengembangan Jumlah Produk Tanaman Pangan.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Nur Muhammad Rahmat Fitri
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:26
Last Modified: 24 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item View Item