Drya, Anatas Angin Budi Panca (2018) Implementasi Metode Luther terhadap Augmented Reality Solar System Berbasis Android. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1.Cover.pdf Download (73kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
Text
9.Daftar pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (368kB) |
Abstract
Saat ini, pengetahuan umum tentang solar system ini adalah adanya matahari tunggal sebagai pusat dan 8 planet keseluruhan yang mengelilingi pada orbitnya. Sedangkan, gambaran solar system seharusnya diimplementasikan sesuai dengan objek aslinya. Keinginan untuk mengenalkan solar sistem yang sesuai dan mudah dipahami melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, adalah hal yang cukup baik. Apalagi, solar system yang akan diperkenalkan memiliki lebih dari itu, bahkan ada yang disebut sebagai dwarf planet, dan beberapa planet yang memiliki satelit alami masing-masing, seperti layaknya bumi dengan satelitnya yang dinamakan bulan. Augmented Reality, atau realitas tertambat yang sangat cocok untuk inovasi ini. Dengan Augmented Reality, objek virtual dapat divisualisasikan langsung ke dunia nyata. Dalam pengerjaan Augmented Reality dibutuhkan suatu metode yang dapat diterapkan dalam pengembangannya. Metode yang diterapkan adalah pengembangan multimedia Luther (1994). Metode ini mendukung 6 langkah pengerjaan yaitu : concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Bentuk pengujian yang digunakan meluputi pengujian jarak, sudut, pencahayaan, fitur interaktif dan environment. Pengujian terbaik terdapat pada sudut : 40o – 90o, jarak : 21 – 40 cm, dan pencahayaan 300 – 700 lx. Penggunaan metode Luther terbukti dapat memangkas waktu penyelesaian projek ini, yaitu sekitar 85 hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realitas Tertambat, virtual, Luther (1994), lingkungan, konsep, desain, pengumpulan bahan, penyatuan, pengujian, distribusi | ||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science | ||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI55201#TEKNIK INFORMATIKA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2019 13:29 | ||||||
Last Modified: | 03 Oct 2019 13:29 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2391 |
Actions (login required)
View Item |