Implementasi Metode Luther terhadap Augmented Reality Solar System Berbasis Android



Drya, Anatas Angin Budi Panca (2018) Implementasi Metode Luther terhadap Augmented Reality Solar System Berbasis Android. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1.Cover.pdf] Text
1.Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[thumbnail of 9.Daftar pustaka.pdf] Text
9.Daftar pustaka.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (368kB)

Abstract

Saat ini, pengetahuan umum tentang solar system ini adalah adanya matahari tunggal sebagai pusat dan 8 planet keseluruhan yang mengelilingi pada orbitnya. Sedangkan, gambaran solar system seharusnya diimplementasikan sesuai dengan objek aslinya. Keinginan untuk mengenalkan solar sistem yang sesuai dan mudah dipahami melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, adalah hal yang cukup baik. Apalagi, solar system yang akan diperkenalkan memiliki lebih dari itu, bahkan ada yang disebut sebagai dwarf planet, dan beberapa planet yang memiliki satelit alami masing-masing, seperti layaknya bumi dengan satelitnya yang dinamakan bulan. Augmented Reality, atau realitas tertambat yang sangat cocok untuk inovasi ini. Dengan Augmented Reality, objek virtual dapat divisualisasikan langsung ke dunia nyata. Dalam pengerjaan Augmented Reality dibutuhkan suatu metode yang dapat diterapkan dalam pengembangannya. Metode yang diterapkan adalah pengembangan multimedia Luther (1994). Metode ini mendukung 6 langkah pengerjaan yaitu : concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Bentuk pengujian yang digunakan meluputi pengujian jarak, sudut, pencahayaan, fitur interaktif dan environment. Pengujian terbaik terdapat pada sudut : 40o – 90o, jarak : 21 – 40 cm, dan pencahayaan 300 – 700 lx. Penggunaan metode Luther terbukti dapat memangkas waktu penyelesaian projek ini, yaitu sekitar 85 hari.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Pratama, Mudafik Riyan
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Realitas Tertambat, virtual, Luther (1994), lingkungan, konsep, desain, pengumpulan bahan, penyatuan, pengujian, distribusi
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2019 13:29
Last Modified: 03 Oct 2019 13:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item