Kristiana, Asmiati (2018) Perbandingan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (526kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peneliti melakukan penelitian ini karena adannya dominasi guru sebagai akibat dari metode ceramah, kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih dikatakan rendah dan kurangnya siswa diminta untuk mengungkapkan pendapat ataupun ide-ide secara lisan atau tulisan serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita, sehingga aktivitas siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember masih cenderung pasif. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS)? (2) kemampuan komunikasi matematis manakah yang lebih baik antara yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS)?. Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahu perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dan model manakah yang lebih baik terhadap kemampuan komunikasi matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 22 Mei – 31 Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII C dan VIII D. Dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan 2 metode pengumpulan data diantarannya, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakaan adalah tes soal. Berdasarkan hasil pengujian data dengan taraf signifikan α=0,05 didapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Think Pair Share (TPS) dan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) memiliki nilai yang lebih baik dari pada nilai komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:52 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 03:52 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |