Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Putri, Riska Agustin Rismalanti (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL RISKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
bab 1 hasil belajar.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2 hasil belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB 3 hasil belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 4 hasil belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB 5 hasil belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB 6 hasil belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa dan seberapa pengaruhnya model pembelajran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan desain kausalitas. Desain penelitian kausalitas adalah desain penelitian yang disusun untuk meneliti kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antara variabel (Abdullah, 2015:35). Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada tanggal 28 Mei 2018 hingga 04 Juni 2018 di kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan menggunakan SPSS 21 didapat signifikan 0,000 < 0,025 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh dalam penelitian ini model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 80,7% sedangkan sisanya yaitu 19,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar siswa, bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Christine Wulandarinidn0717028302
UNSPECIFIEDKusuma, Yoga Dwi Windynidn0730038902
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:37
Last Modified: 14 Jan 2021 04:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7846

Actions (login required)

View Item View Item