Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember (Pada Studi Pokok Bahasan Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok)

Novebrian, Winda Sisti Wulan (2018) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember (Pada Studi Pokok Bahasan Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (438kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan yag dimiliki oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan, yaitu siswa laki-laki lebih unggul dalam kemampuan visual-spasial sedangkan siswa perempuan lebih unggul dalam kemampuan verbal. Selain itu, dalam suatu kelas siswa juga memiliki kemampuan matematika yang berbeda pula. Sehingga perbedaan tersebut menyebabkan keberagaman solusi atau penyelesaian suatu masalah dari setiap siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan?, (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah ?, dan (3) Apakah terdapat interaksi antara gender dan kemampuan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ?. Terdapat tiga tujuan dalam penelitian ini, antara lain untuk mengetahui : (1) perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, (2) perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) interaksi antara gender dan kemampuan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga didapatkan kelas VIII D dan VIII G. Pelaksanaan penelitian yaitu 09 Mei 2018 dan 11 Mei 2018. Peneliti menggunakan 2 metode pengumpulan data, yaitu tes dan studi dokumenter. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes kemampuan matematika. Pengujian hipotesis dalam peneltian ini menggunak uji Two-Way Anova dengan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara gender dan kemampuan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender, Kemampuan Matematika, dan Luas Permukaan, Volume Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHatip, Mochamadnidn#
UNSPECIFIEDKusumaningtyas, Yoga Dwi Windynidn0730038902
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:45
Last Modified: 15 Jan 2021 03:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7878

Actions (login required)

View Item View Item