Hubungan Antara Konsep Diri dan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso

Fitrianingroem, Anis (2017) Hubungan Antara Konsep Diri dan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN FIX.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV LAGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Kasus Bullying di Indonesia sering kali terjadi diinstitusi pendidikan. Pendapat tersebut sesuai dengan hasil rekapitulasi kasus bullying di SMP Negeri 1 Tapen, dimana setiap tahunnya ada peningkatan perilaku bullying. Banyaknya kasus bullying yang disertai dengan kasus kekerasan baik berupa kata-kata dan perlakuan secara fisik, dikarenakan remaja memiliki konsep diri negatif. Pelaku bullying memiliki konsep diri negatif dikarenakan dirinya tidak mampu menerima informasi tentang dirinya sendiri yang tidak dapat diterima dengan baik. Sehingga pelaku bully melampiaskan emosinya dengan cara membuly korban. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan perilaku bullying di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso. Subjek penelitian Seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapen usia 12 – 15 tahun dengan mengunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini mengunakan Skala konsep diri dan Skala Perilaku Bullying dengan mengunakan model likert. Hasil ini dapat dilihat dari nilai Sig. = 0,145 >0 ,05 yang menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan Perilaku bullying dengan nilai koefisien korelasi sebesar - 0,127 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,016, yang diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori lemah. Sumbangan efektif konsep diri terhadap perilaku bullying di SMP Negeri 1 Tapen Bondowoso sebesar 1,6%, sisanya 98,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorErvina, Iinnidn0024107501
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:05
Last Modified: 08 Jun 2021 04:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item