GAMBARAN HARGA DIRI REMAJA PENGGUNA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM

ROES, MUHAMMAD (2017) GAMBARAN HARGA DIRI REMAJA PENGGUNA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pengantar.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 2 & 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Naskah Publikasi.docx

Download (122kB)

Abstract

Harga diri merupakan penilaian individu yang menyatakan suatu sikap penerimaan atau penolakan yang menunjukkan seberapa besar individu itu percaya bahwa dirinya mampu, berarti, berhasil dan berharga menurut keahliannya dan nilai pribadinya. Remaja pengguna instagram, mengunggah foto bertujuan untuk menarik perhatian pengguna lain agar mendapatkan komentar berupa pujian dan like yang banyak. Individu yang memiliki harga diri rendah memerlukan dukungan untuk menguatkan harga dirinya. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan harga diri remaja pengguna jejaring sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala harga diri dengan bentuk Likert yang disusun berdasarkan indikator dari aspek-aspek harga diri yang dikemukakan oleh Felker. Sampel dalam penelitian ini adalah 342 mahasiswa pengguna aktif jejaring sosial instagram. Metode analisa yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji deskriptif. Hasil uji alat ukur terdapat 25 aitem yang valid dan 1 aitem yang gugur yang sebelumnya telah diuji cobakan dengan reliabilitas 0,617 artinya alat diukur dikatakan reliabel atau konsisten. Hasil penelitian menunjukkan nilai prosentase harga diri remaja pengguna jejaring sosial instagram secara keseluruhan sebesar 59,5% kategori tinggi, 40,5% kategori rendah. Nilai prosentase untuk aspek-aspek harga diri pengguna instagram pada aspek rasa berharga sebesar 56,5%, aspek rasa diterima sebesar 57,9% sedangkan aspek rasa mampu masuk kategori rendah dengan prosentase sebesar 49,4%. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa remaja pengguna jejaring sosial instagram memiliki tingkat harga diri tinggi, artinya pengguna instagram menyatakan sikap percaya bahwa dirinya mampu, berarti, berhasil dan berharga menurut keahliannya dan nilai pribadinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorR, Festa Yumpinidn#
Thesis advisorHANDAYANI, PANCA KURSISTINnidn0003037301
Date Deposited: 08 Jun 2021 06:26
Last Modified: 08 Jun 2021 06:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item